Bila Anda seorang pengusaha, maka menjual produk yang Anda miliki adalah salah satu keharusan supaya Anda memilki added value dari modal yang Anda sudah investasikan. Sebagai penjual maka Anda akan melakukan negosiasi dengan pembelinya. Bagaimana cara menghadapi pembeli yang selalu berkeinginan untuk menawar produk Anda?
Berikut tips praktis yang bisa Anda pakai setiap Anda melakukan transaksi penjualan:
1. Anda harus benar-benar menguasai produk yang Anda jual. Kelebihan dan
kekurangaan produk itu bila Anda sudah kuasai dengan baik maka akan memudahkan
Anda menggiring apa kemauan dan kemampuan konsumen kepada apa yang Anda
kehendaki.
2. Gali potensi dan kebutuhan calon konsumen. Kemudiaan Anda arahkan supaya
produk yang Anda tawarkan itu bisa menjadi alternatif membantu memenuhi
kebutuhannya.
3. Gunakan selalu tutur kata yang baik dan sopan, body
language yang proposional, dan ketulusan Anda mendalam untuk
membantu memenuhi kebutuhannya.
4. Yakinkan bahwa produk yang Anda tawarkan itu sangat penting dan sangat
berarti bagi konsumen.
5. Jadilah Anda selalu orang yang bisa dipercaya. Anda harus bisa memegang
komitmen dengan baik dan menjalankan komitmen itu seperti yang sudah
direncanakan.
6. Bila memenuhi kendala atau masalah dalam hal sudah terjadi komitmen dengan
pembeli/pelanggan maka Anda harus terus terang dan mempertanggung jawabkan
segala resiko yang mungkin akan timbul dengan semestinya.
7. Carilah selalu titik temu yang optimum dalam setiap negosiasi yang Anda jalankan
dengan konsumen Anda, supaya dia puas Anda juga puas.
8. Hindari menjual didasarkan atas belas kasihan pembelinya. Di sini Anda harus
mengarahkan pembeli pada satu keputusan membeli secara rasioanal, bukan atas
dasar belas kasihan.
9. Selalulah Anda melayani dengan sesempurna mungkin supaya pelanggan akan
sangat bergantung dengan Anda. Yang ini harus dilakukan seproposional mungkin.
Poin-poin itu pasti akan sangat bermanfaat dan akan Anda jumpai setiap saat dalam melakukan transaksi penjualan, apa pun produk Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar